Tuesday, September 3, 2024

1 TESALONIKA 1:8-10 BUAH DARI KETELADANAN

 1 TESALONIKA 1:8-10
BAHAN PERSIAPAN IBADAH PELKAT PKP

10 September 2024

 

PENGANTAR

Apakah hubungan antara Paulus dengan jemaat Tesalonika? Kota Tesalonika adalah ibukota dari Makedonia yakni salah satu provinsi Kerajaan Rowawi yang sangat makmur. Kisah Tesalonika mengenal dan menerima Tuhan Yesus dimulai dari kehadiran Paulus dan Silas di sana (Kisah 17:1-4). Kehadiran Paulus dan Silas di Tesalonika inipun disebabkan karena perbuatan tidak menyenangkan yang dialmi mereka ketika mengabarkan Injil di Filipi (Kisah 16:19-40).

Menarik jika membaca kisah pekabaran Injil Paulus di Tesalonika. Kisah sukses dialami di sana sebab yang menerima Injil bukan hanya orang Yahudi, melainkan juga para pembesar provinsi Makedonia yang berada di Tesalonika yakni orang Yunani dan para perempuan terkemuka (Kisah 17:4).

Tapi tidak semua berjalan lancar, penolakan dilakukan oleh beberapa kalangan Yahudi yang menjadi provokator sehingga terjadi kerusuhan dan akhirnya Paulus dan timnya menuju Berea (Kisah.17:10). Berapa lama Paulus dan Tim berada di Tesalonika, tidak disebutkan. Tetapi sangat mungkin cukup lama sehingga kita menemukann dalam bacaan kita bahwa Paulus memiliki hubungan emosional yang erat dengan jemaat Tesalonika. Mari perhatikan lebih jauh bacaan kita saat ini.

 

TELAAH TEKS

Teks pada ayat 8-10 sebaiknya dipahami mulai dari ayat 1 surat 1 Tesalonika agar keutuhan pemahaman dapat kita peroleh. Beberapa pokok penting yang menjadi perhatian khusus adalah:

 

1.       Hubungan Erat Pelayan dan Jemaat (ay.1-5)

Perhatikan cara Paulus menulis pembuka surat ini. Setelah menyebut diri sebagai penulis surat dan salam rasuli (ay.1), Kita menemukan suasana penuh kasih diucapkan Paulus: “Kami selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu dan mengingat kamu dalam doa kami”. Paulus membangun hubungan khusus dengan jemaat yang ia layani. Relasi ini bukan karena mencari keuntungan, melainkan karena kondisi rohani. Hal ini terlihat kuat pada ay.4 yakni Tesalonika telah dipilih Allah secara khusus.

 

Bagaimana Paulus menjaga relasi dengan jemaatnya agar iman mereka tetap terpelihara? Paulus mengingat tentang pekerjaan iman mereka, usaha kasih mereka, dan ketekunan pengharapan mereka (ay.2). Apakah itu? Apa pusat perhatian dan ingatan Paulus tentang jemaat Tesalonika? Hal-hal positif tentang Tesalonika itulah yang diingat Paulus.

 

Padahal Paulus dapat juga memilih mengingat keburukan Tesalonika, bukan? Tentang bagimana penolakan beberapa orang waktu Paulus dan timnya melakukan penginjilan di sana? Bukankah hal itu cukup menyakitkan untuk di kenang? Paulus memilih mengingat hal positif. Yang ia ceritakan dan bagikan tentang Tesalonika adalah hal-hal yang baik untuk membangun iman mereka.

 

2.       Reaksi penerima Injil (ay.6-7)

Sebagai jemaat penerima Injil, ternyata Tesalonika bertumbuh dan berbuah lebat bagi kemuliaan Tuhan. Mereka mengikuti teladan yang diajarkan justru ketika mereka dalam penderitaan (ay.6). Kemungkinan besar jemaat Tesalonika sedang mengalami kondisi tidak nyaman karena iman “yang baru” itu. Namun mereka tidak menjadi goyah. Bahkan hal yang sangat mengagumkan adalah mereka berhasil menjadi teladan bagi banyak orang (ay.7).

 

Iman yang bertumbuh dan berbuah dari jemaat Tesalonika ini terlihat dari kemampun mereka bertahan iman di tengah kondisi buruk dan penuh dengan penderitaan. Jemaat ini mampu bersinar justru ketika sedang berada di tengah badai yang mengamuk. Api pelayanan mereka tidak padam di tengah gelap yang pekat sekalipun. Tidak heran jika Makedonia dan Akhaya terkagum-kagum dan menjadikan ini sebagai teladan dan kesaksian iman (ay.7).

 

3.       Buahmu dinikmati banyak orang (ay.8-10)

Ternyata Tesalonika tidak perlu “menyombongkan” kisah iman mereka; dan Paulus tidak perlu “mengumbar” kisah sukses penginjilannya. Mengapa? Kisah perjuangan Iman jemaat Tesalonika menjadi inspirasi banyak orang. Bukan hanya Makedonia dan Akhaya, bahkan tersebar ke semua tempat (ay.8). Buah dari iman Tesalonika “dipetik” dan dinikmati oleh banyak orang.

 

Hal-hal baik tentang Tesalonika tersebar dari mulut ke mulut dan menjadi cerita berantai yang menarik perhatian banyak orang (ay.9). Hampir mustahil meninggalkan tradisi nenek moyang mengenai penyembahan berhala. Namun Tesalonika melakukannya dan itu sangat menggemparkan. Mereka tidak lagi melayani allah dari benda mati, mereka tidak lagi memberi tubuh mereka pada proses “persundalan suci” ala menyembahan berhala. Hal-hal dunia yang mengasikkan itu ditinggalkan jemaat Tesalonika. Mereka hidup baru. Mereka berbuah lebat dan berlimpah untuk dinikmati banyak orang.

 

Bukan hanya itu saja, mereka siap menderita sambil menanti kedatangan Yesus Kristus (ay.10). Kapankah Tuhan Yesus itu datang kembali? Surat yang ditulis sekitar tahun 70 M ini menarik untuk dihubungkan dengan kisah kesetiaan iman mereka. Hingga mereka meninggal Tuhan Yesus belum datang kembali. Bahkan hingga surat ini kita baca, 2000 tahun kemudian, Kristuspun beluam datang untuk menghakimi mereka yang bersalah. Tapi jemaat Tesalonika tetap tekun dalam penderitaan. Padahal hal ini tidak logis dan bertentangan dengan hal-hal logika pada ajaran Filsafat yang digandrungi pada masa itu. Kesetiaan mereka menjadi sesuatu yang layak diteladani dan dikagumi.

 

APLIKASI DAN RELEVANSI (bahan diskusi dalam persiapan)
Silakan aplikasikan Firman Tuhan ini ini berdasarkan 3 pokok bahan tafsiran di atas.

No comments:

Post a Comment

PENGORBANAN DALAM PELAYANAN 1 TESALONIKA 2:7-9

                                                                  1 TESALONIKA 2:7-9 BAHAN PERSIAPAN IBADAH KELUARGA 11 September 2024 ...